Aplikasi Halal MUI Mudahkan Pencarian Produk Halal

Foto: Zuhdi Z.R

LPPOM-MUI selalu menerima saran dan masukan pengguna aplikasi yang belum puas dengan akurasi aplikasi tersebut.

Indonesiainside.id, Jakarta — Kementerian Agama melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) tengah menyiapkan aplikasi layanan bernama Sistem Informasi Halal atau SIHALAL. Aplikasi ini rencananya akan dirilis pada Januari 2019.

“Sistem Informasi Halal (SIHALAL) sebuah rancangan sistem yang terintegrasi dan mudah untuk diakses oleh pelaku usaha, sehingga dengan sistem tersebut dapat memberikan kepastian dan jaminan bagi para pengguna produk atau konsumen akan validitas label Halal yang dikeluarkan oleh BPJPH,” ujar pengembang aplikasi SIHALAL Alip Setyo Wibowo usai pertemuan dengan tim BPJPH dan Menag Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Ia berharap penerapan aplikasi SIHALAL pada pelaku usaha mampu menjaga kesinambungan proses produksi halal, sehingga produk yang dihasilkan dapat selalu dijamin kehalalannya sesuai dengan ketentuan BPJPH.

Sebagai lembaga pemeriksa halal yang telah berkiprah hampir 30 tahun, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) juga telah membuat aplikasi untuk
mengecek kehalalan produk, mengecek
kehalalan Resto dan mengecek produk pabrikan.

Sayangnya, BPJPH tidak melibatkan LPPOM MUI yang telah memiliki aplikasi serupa. Wakil Direktur LPPOM MUI Muti Arintawati menjelaskan, pihaknya tak mendapatkan informasi SIHALAL secara mendalam yang akan dirilis pada Januari mendatang itu. “Kami hanya tahu melalui berita di media massa,” ungkap Muti di Jakarta, Ahad (9/12).

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here