Investor Jepang Lebih Pilih Vietnam Dibanding Indonesia

Kalangan investor Jepang dan China menilai Vietnam lebih unggul dibanding Indonesia sebagai negara target untuk berinvestasi. Hal itu karena dua alasan yakni regulasi di Indonesia belum jelas dan sederhana, serta tren profit margin di Indonesia selama tiga tahun terakhir lebih rendah dibanding Vietnam.

Indonesiainside.id, Jakarta: Survei terbaru yang dilakukan oleh Japan Bank for International Cooperation (JBIC) menyebutkan bahwa investor Jepang dan China yang merelokasi investasi ke Indonesia terus menurun dalam dua tahun terakhir. Pada 2016, terhadap lima investor asing dari Jepang dan China yang masuk ke Indonesia, sedangkan pada 2017 tidak ada.

Hal itu berbeda dengan Vietnam yang mencatat 30 investor asing dari Jepang dan China merelokasi pabriknya ke negeri itu pada 2016. Dan pada 2017, hampir seluruh relokasi investasi asing dari Jepang dan China masuk ke Vietnam.

Ekonom Bank Danamon, Wisnu Wardana, menilai berdasarkan tren relokasi investasi negara-negara asing yang lari dari China sejak tiga tahun terakhir ke negara-negara ASEAN, hanya sedikit yang masuk ke Indonesia.

“Dari data JBIC yang melakukan survei terhadap 4.000 perusahan Jepang, investor yang relokasi dari China ke ASEAN 2016 Indonesia masih dapat lima, Vietnam dapat 30. Sementara pada 2017, Indonesia sudah enggak ada, semuanya masuk ke Vietnam,” katanya di Jakarta.

Berdasarkan laporan JBIC, lanjut Wisnu, alasan mendasar yang menyebabkan keengganan investor Jepang untuk relokasi usahanya dari China ke Indonesia adalah karena selisih keuntungan dari Vietnam ketimbang Indonesia lebih besar.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here