Bangka Tengah Jajaki Ekspansi Gaharu ke Arab Saudi

Saat menggelar pameran di Arab Saudi beberapa waktu lalu, ternyata produk gaharu dan turunannya mendapat respons pasar yang bagus.

Indonesiainside.id, Jakarta — Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung sedang menjajaki kemungkinan ekspansi pasar gaharu ke Arab Saudi. Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh melihat ada ceruk dagang potensial di sana. Gaharu sendiri merupakan produk unggulan di Bangka Tengah. Saat menggelar pameran di Arab Saudi beberapa waktu lalu, ternyata produk gaharu dan turunannya mendapat respons pasar yang bagus.

“Gaharu petani daerah ini sangat diminati, terutama produk turunannya diantaranya minyak gaharu dengan harga jauh lebih tinggi dibanding harga pasar dalam negeri,” ujarnya

Dari beberapa produk unggulan yang dipamerkan di Arab Saudi, produk gaharu disebut sangat laku terjual dengan harga empat kali lipat dibanding harga dalam negeri.

“Ini jelas pasar potensial, tinggal lagi para petani daerah kita harus benar-benar siap, baik mengenai jumlah produksi mau pun dalam menjaga kualitas gaharu terutama gaharu budi daya,” ujarnya.

Gaharu merupakan jenis kayu yang berasal dari beberapa spesies pohon dari genus Aquilaria, khususnya jenis A. malaccensis. Kandungan resin yang terdapat pada kayu ini terkenal sebagai wewangian yang ampuh sebagai aromaterapi.

Sayangnya, populasi tanaman penghasil gaharu semakin menyusut akibat kesalahan cara panen. Pada tahun 1994, konvensi CITES (Convention on International Trade in Endangered Species) di Amerika Serikat menetapkan bahwa pohon gaharu spesies A. malaccensis masuk ke dalam Appendix II, dibatasi perdagangannya.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here