Human Capital, Strategi Hadapi Revolusi Industri 4.0

Temuan teknologi termutakhir selalu menimbulkan perubahan yang sangat dahsyat seperti pertumbuhan exponential.

Indonesiainside.id, Jakarta — Pada Industri 4.0 ini atau yang sering di sebut dengan revolusi industri keempat yang ditandai dengan robotisasi dan digitalisasi, muncul penemuan baru seperti mobil tanpa pengemudi, robot pintar, artificial intellegent dan lain sebagainya.

Disrupsi pun terjadi di berbagai lini dan membawa pengaruh sangat besar, salah satunya di dunia korporasi. Bagaimana Human Resources (HR) sebagai penanggung jawab people dalam suatu organisasi melihat hal ini?

Direktur Kubik Leadership Jamil Azzaini mengatakan, pemimpin perusahaan tidak hanya berfokus pada pengembangan karyawan saja, tetapi juga harus mampu menyiapkan pemimpin yang hebat, tangguh dan bisa membawa organisasi melewati berbagai tantangan yang muncul.

“Pemimpin yang mampu menggerakkan energi, aksi dan konsisten menciptakan perubahan sekaligus memenangkannya,” ujar Jamil dalam diskusi Leadership Cafe bersama lebih dari 100 praktisi Human Resources, Human Capital Development (HCD) dari berbagai perusahaan terkemuka Indonesia yang hadir di Executive Lounge Graha Elnusa, Jakarta Selatan, Kamis (13/12).

Syarat utama itu, kata Jamil adalah munculnya trust dan respect tim kepadanya. Untuk itu, diperlukan essential leadership. Ia menjelaskan hal-hal kunci apa saja yang harus dijalankan oleh seorang pemimpin agar ia benar-benar memiliki essential leadership.

“Dengan perpaduan dua hal, memiliki pemimpin yang hebat, dan karyawan yang sesuai dengan perubahan niscaya sebuah perusahaan atau organisasi tidak lagi gagap menyambut era revolusi industry 4.0,” kata Inspirator SuksesMulia ini.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here