Sumsel Paling Mungkin Menjadi Lumbung Pangan

Gubernur Sumsel Herman Deru bersama Mentan Andi Amran Sulaiman mengunjungi kawasan Pertanian di Banyuasin, baru - baru ini.

Sumsel optimistis akan mengembalikan kejayaan sebagai provinsi lumbung pangan. Apalagi sejumlah daerah di Sumsel memiliki jaringan irigasi yang baik dan terbukti menghasilkan pangan dalam jumlah besar selama puluhan tahun.

Indonesiainside.id, Palembang – Sebut saja salah satunya kawasan Belitang OKU Timur yang dikenal sebagai daerah penghasil beras. Kawasan Belitang ditopang Irigasi Upper Komering yang dibangun di jaman Orba, yang memenuhi kebutuhan air petani di kawasan perkembangan dari program transmigrasi.

Sejumlah kawawas Transmigrasi di Sumsel menjadi sentra penghasil beras, yang membuat Pemprov Sumsel sejak 15 tahun lalu memberanikan diri mengklaim sebagai provinsi lumbung pangan. Beberapa daerah transmigrasi yang telah berkembang menjadi sentra penghasil pangan yakni kawasan Jalur, Kabupaten Banyuasin; Merasi, Kota Lubuk Linggau-Musi Rawas; Nibung, Kabupaten Muratara dan masih banyak lainnya.

Karenanya sangat beralasan, Gubernur Sumsel Herman Deru menegaskan Sumsel optimistis menjadi lumbungan pangan, di hadapan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam Rakor Bidang Pertanian di Palembang, Kamis (6/12/2018). “Sumsel harus kembali kepuncak kejayaannya menjadi lumbung pangan,” katanya saat itu.

(INI-Network)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here