Bank Dunia Pangkas Proyeksi Ekonomi Global 2019

Oleh Andryanto S

Pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan melambat menjadi 2,9 persen pada 2019 dibandingkan 3 persen pada 2018. Penurunan itu dipicu tingginya ketegangan perdagangan negara maju dan trend perlambatan perdagangan internasional.

Indonesiainside.id, Jakarta — CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva dalam laporan semitahunan Prospek Ekonomi Dunia menjelaskan pada awal 2018 ekonomi dunia menguat, namun kehilangan lajunya saat tahun berjalan. “Dan kondisi itu bisa lebih sulit pada 2019,” katanya.

Pandangan Bank Dunia tersebut diungkapkan saat Amerika Serikat (AS) dan China terlibat perselisihan perdagangan yang mengguncang pasar keuangan dunia selama beberapa bulan.

Kedua raksasa ekonomi dunia tersebut saling menerapkan sanksi atas produk masing-masing, meskipun telah ada tanda kemajuan pada Selasa saat kedua negara bersiap memasuki hari ketiga pembicaraan di Beijing.

Pertumbuhan di AS kemungkinan melambat menjadi 2,5 persen tahun ini dibandingkan 2,9 persen pada 2018, sementara China diperkirakan tumbuh pada titik 6,2 persen dibandingkan 6,5 persen pada 2018, menurut laporan Bank Dunia.

Pasar ekonomi berkembang diperkirakan tumbuh di 4,2 persen tahun ini, dengan ekonomi maju diperkirakan tumbuh 2 persen, kata Bank Dunia dalam laporannya. (*/dry/Ant)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here