Ironis, RI Pengimpor Gula Terbesar di Dunia

Oleh Andryanto S

Menjelang pemilu, tiba-tiba Indonesia menjadi pengimpor gula terbesar di dunia. Lonjakan impor itu disinyalir rentan dengan praktek pemburuan rente untuk kepentingan politik.

Indonesiainside.id, Jakarta – Ekonom senior Faisal Basri mengungkap data mencengangkan bahwa Indonesia menjadi importer gula terbesar di dunia pada periode 2017-2018. Apalagi menjelang pemilihan umum (pemilu), impor besar-besaran itu diduga menjadi permainan sejumlah pihak untuk modal di perhelatan pemilu.

“Menjelang pemilu, tiba-tiba Indonesia menjadi pengimpor gula terbesar di dunia. Praktek rente gila-gilaan seperti ini berkontribusi memperburuk defisit perdagangan,” ujar Faisal di akun medsos twitter miliknya, Rabu (9/1).

Faisal yang juga Dosen Ekonomi Universitas Indonesia itu mengutip data Statista—lembaga penelitian global bahwa pada periode 2017-2018 Indonesia mengimpor 4,45 juta ton, tertinggi secara global. Impor gula Indonesia melampaui China dengan jumlah 4,2 juta ton, Amerika Serikat 3,11 juta ton, Uni Emirat Arab 2,94 juta ton, Bangladesh 2,67 juta ton, Algeria 2,27 juta ton, Malaysia 2,02 juta ton, Nigeria 1,87 juta ton, Korea Selatan 1,73 juta ton, dan Arab Saudi 1,4 juta ton.

“Segala upaya telah dilakukan Pemerintah untuk menekan defisit perdagangan, kecuali memerangi praktek pemburuan rente dan memecat Menteri Perdagangan,” kata Faisal.

Impor besar-besaran yang diungkap Faisal Basri itu memang kontradiksi dengan program ketahanan pangan pemerintah saat ini. Selain gula, pemerintah juga berencana mengimpor jagung sebanyak 30 ribu ton pada 2019. Upaya itu dilakukan lantaran harga jagung untuk pakan ternak yang belakangan ini cenderung merangkak naik.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here