INACA Sepakat Pangkas Tarif Tiket Pesawat

Oleh : Rengga Permana

Protes keras masyarakat terhadap harga tiket pesawat di awal tahun, membuahkan hasil. Selain soal harga, masalah bagasi berbayar LCC juga dipersoal YLKI

Indonesiainside.id, Jakarta — Maskapai pesawat yang tergabung dalam Indonesia National Air Carriers Association (INACA) merespons protes masyarakat. Ketua Umum INACA, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra menyebut pihaknya akan memangkas harga tiket pesawat.

“Kami beserta jajaran direktur utama airlines di sini sepakat, walaupun di tengah kesulitan maskapai yang ada, kami lebih mendengar keluhan pengguna maskapai,” ujar pria yang kerap disapa Ari dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu (13/1).

Menurutnya, maskapai yang tergabung dalam INACA yakni Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink, dan Indonesia Air Asia, akan menormalkan tiket usai musim liburan akhir tahun, atau peak season. Hal ini disepakati usai rapat bersama antara INACA dengan Kementerian Perhubungan.

Ari yang juga Direktur Utama Garuda Indonesia ini menyebut, beberapa maskapai telah memangkas harga sejak akhir pekan lalu, Jumat (11/1). Adapun sejumlah rute perjalan juga dipatok lebih rendah saat low season.

“Sejak Jumat lalu kami sudah menurunkan tarif harga domestik khususnya Jakarta-Denpasar, Jakarta-Yogyakarta,” imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal INACA, Tengku Burhanudin membeberkan bahwa kebijakan ini nantinya dilakukan bertahap dan variatif. Misalnya rute Banda Aceh-Jakarta Garuda dengan tarif kisaran Rp3,2 juta, kini dijual dengan harga Rp2,8 juta.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here