Rencana Impor Bawang Putih Tunggu Izin Mendag

Pemerintah akan segera mengimpor 100.000 ton bawang putih.

Oleh: Arif S

Indonesiainside.id, Jakarta – Rencana Bulog untuk mengimpor bawang putih masih tertahan. Ini karena izin dari Kementerian Perdagangan belum turun.

“Kami sudah perintahkan untuk dilakukan impor, tapi memang belum. Seharusnya dilakukan minggu lalu,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, di Jakarta kemarin (29/3).

Ia menambahkan rencana impor itu mencapai 100.000 ton bawang putih. Menurut Darmin impor dilakukan untuk stabilisasi harga bawang putih.

Saat ditanya pengaruh impor terhadap harga bawang lokal, Darmin menyatakan tak terlalu khawatir. Saat ini na harga bawang putih saat ini belum terlampau tinggi.

Beberapa pengamat ekonomi maupun pengusaha justru melihat adanya potensi kerawanan dari rencana impor bawang putih yang akan dilakukan oleh Perum Bulog. Kerawanan tersebut antara lain penunjukan Bulog dilakukan tanpa kewajiban tanam lima persen dari volume impor serta penugasan impor yang dirasakan diskriminatif terhadap swasta.

Keterbatasan dana yang dimiliki untuk penugasan ini dapat membuat Bulog menjual hak impor kepada importir lain untuk memperoleh keuntungan. Walau demikian, Bulog telah menyatakan siap melaksanakan penugasan impor bawang putih dengan menyiapkan anggaran sekitar Rp500 miliar.

Berdasarkan pantauan dari laman Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), saat ini harga bawang putih ukuran sedang rata-rata sebesar Rp32.900 per kilogram. Harga ini dianggap masih dalam batas normal. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here