Nilai Tukar Rupiah Melemah Tipis

Nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar AS. Foto: Istimewa

Oleh: Arif S 

Indonesiainside.id, Jakarta – Mata uang rupiah melemah tipis pada pembukaan transaksi antarbank. Pelemahan nilai tukar rupiah dipicu oleh aksi jual investor asing terhadap surat berharga negara (SBN).

Rupiah melemah dua poin atau 0,01 persen menjadi Rp14.452 per dolar AS, dibandingkan hari sebelumnya Rp14.450 per dolar AS. menurut ekonom Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, Senin (20/5), posisi kepemilikan investor asing pada SBN per 16 Mei 2019 tercatat sebesar Rp954,13 triliun atau naik 6,8 persen (ytd).

Posisi tertinggi tercatat sebesar Rp962,02 triliun pada 9 Mei 2019 sebelum terjadi koreksi pasca isu kebuntuan kesepakatan dagang Amerika Serikat dan Cina. Ketidakpastian global memicu penjualan dari investor asing, namun relatif tidak terlalu besar. Dari 9 Mei hingga 16 Mei, posisi asing hanya tercatat turun sebesar Rp7,9 triliun,” ujar Lana.

Posisi jual investor asing ini, lanjut Lana, tampaknya masih termitigasi karena diserap oleh Bank Indonesia (BI). Terlihat dari posisi kepemilikan BI yang meningkat dari Rp215,39 triliun menjadi Rp228,5 triliun.

“Naiknya posisi BI ini membuat risiko turunnya harga obligasi efek keluarnya dana asing dapat tertahan, yang pada akhirnya juga tidak membuat tekanan beli dolar AS yang berlebihan,” kata Lana.

Lana memprediksi pada hari ini rupiah masih akan dalam penjagaan BI di kisaran Rp14.430 per dolar AS sampai Rp14.470 per dolar AS. (Ant/AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here