Rupiah Melemah, IHSG Jatuh 60 Poin

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Oleh Andryanto S

Indonesiainside.id, Jakarta – Laju pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) tampaknya belum mampu untuk bangkit dari sejumlah koreksi pada pekan lalu. Pada penutupan perdagangan Senin (17/6), IHSG ditutup tersungkur 60 poin atau -0,96% ke level 6.190. Seiring pelemahan IHSG, kurs rupiah juga terpantau melemah ke level Rp 14.346/US$.

Minimnya katalis positif dari dalam negeri menjadi perhatian utama pelaku pasar saham dan pasar uang. Sementara di sisi lain, berbagai sentimen negatif justru makin jelas seperti statistik yang diumumkan Bank Indonesia menyebutkan, utang luar negeri Indonesia naik 8,7% secara tahunan (year on year/yoy) per akhir April 2019 menjadi US$ 389,3 miliar atau setara Rp5.584,8 triliun dengan kurs tengah hari ini yakni Rp 14.346/US$ menurut kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor).

Kekhawatiran terkait sidang perselisihan sengketa pilpres juga ikut menjadi perhatian pelaku pasar untuk menanti keputusan akhir Mahkamah Konstitusi. Sementara dari faktor eksternal, risiko perang dagang Amerika Serikat dan China juga masih menjadi sentimen negatif.

Pada penutupan perdagangan Senin, aksi jual bersih (net sell) saham yang dilakukan investor asing mendorong pelemahan IHSG. Tercatat, aksi jual saham investor asing mencapai Rp 171,4 miliar. Sebanyak 301 saham mencatat penurunan harga, 159 saham naik, dan 112 saham stagnan.

Kepala Riset Valbury Sekuritas Alfiansyah mengakui, pelaku pasar masih mencermati sidang perselisihan sengketa pilpres untuk menanti keputusan akhir Mahkamah Konstitusi. “Akibatnya ketidakpastian tersebut, IHSG dalam pekan ini akan bergerak “mixed” dan rawan koreksi,” ujar Alfiansyah.

Dari eksternal, investor mencemaskan resiko perang dagang AS-China yang hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi dari kedua pihakbakan ada diskusi formal. Meski Trump berharap dapat bertemu Presiden Cina Xi Jinping di KTT G20 akhir bulan mendatang, namun hingga hari ini, pihak China masih belum mengonfirmasi rencana pertemuan tersebut. (*/Dry)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here