Sentil Sri Mulyani, Rizal Ramli: Ini Betul-Betul Jawaban Tidak Cerdas

Rizal-Ramli

Oleh: Eko P

Indonesiainside.id, Jakarta – Persoalan defisit BPJS Kesehatan yang tak kunjung selesai dari waktu ke waktu membuat Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kesal. Hal ini karena sorotan masyarakat selalu tertuju kepada institusinya setiap kali ada pembahasan mengenai defisit keuangan badan penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional(JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) tersebut.

“Kami ini kan menteri keuangan, bukan menteri keuangan kesehatan atau menteri kesehatan keuangan,” ujar Sri Mulyani dengan nada tinggi pada rapat Komisi XI DPR dengan Kementerian Keuangan di Gedung DPR/MPR, Jakarta pada Rabu (21/8) kemarin.

Mantan Menteri Koordinator Perekonomian RI Rizal Ramli menyentil pernyataan Sri Mulyani tersebut. Menurutnya, jawaban itu tidak bertanggung jawab dan tidak cerdas.

“Ini betul-betul jawaban yang tidak bertanggung jawab dan tidak cerdas. Menkeu negara lain pasti beri jawaban yang lebih cerdas dan solutif,” tulisnya di akun resminya, seraya me-mention ke akun Presiden Jokowi @jokowi, Kamis (22/8).

Dalam rapat dengan DPR RI, Sri Mulyani seperti menumpahkan kekesalannya terkait persoalan defisit keuangan BPJS Kesehatan. Hal ini karena berbagai pihak seakan-akan mempertanyakan kepadanya bagaimana penyelesaian masalah defisit itu.

Padahal, menurutnya, masalah yang terjadi hingga BPJS mengalami defisit menahun hingga kini, bukan merupakan tanggung jawab utamanya sebagai menteri keuangan.

Direktur Keuangan BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso sebelumnya mengatakan BPJS memiliki carry over defisit keuangan sebesar Rp9,1 triliun tahun lalu. Tahun ini kembali defisit melanda, jumlahnya diperkirakan mencapai lebih dari Rp19 triliun.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here