Permintaan Terakhir Habibie Kepada Sri Mulyani

Sri Mulyani.
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Foto: Suandri Ansah/Indonesiainside.id

Oleh: Suandri Ansah

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengenang Presiden ketiga RI, BJ Habibie sebagai tokoh inspiratif, jenius, sekaligus pria yang romantis terhadap istrinya. Dia menyarankan tokoh muda meniru Habibie.

“Kita betul-betul kehilangan seorang figur nasional yang begitu luar biasa jasanya bagi Republik Indonesia,” ujarnya ditemui usai melayat di rumah duka, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (11/9) malam.

Sri Mulyani mengaku bersua dengan Habibie sudah sejak lama, sejak Indonesia mengalami transisi reformasi. Ia mengungkapkan, ide-ide Habibie terkait ekonomi sangat menentukan arah pembangunan republik ini.

“Saya sempat jenguk (waktu di rawat) dan bicara cukup lama. Beliau sangat semangat luar biasa, mengingatkan ke saya agar kita semua menjaga Indonesia,” tuturnya.

Dalam perbincangan itu, Habibie meminta Sri Mulyani membuat kebijakan yang kredibel supaya posisi Indonesia bisa terjaga di mata dunia. Habibie juga bercerita pengalamannya bagaimana membuat transisi reformasi terkendali.

“Beliau menyampaikan pengalaman waktu bangun di masa reformasi, membuat Bank Indonesia menjadi independen dan meletakkan dasar-dasar ekonomi yang sekarang ini pasca kepemimpinan Soeharto, adalah suatu hal luar biasa,” katanya.

Siang ini, jenazah Habibie Habibie, dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Selama prosesi pemakaman, lalu lintas di sekitar lokasi ditutup, sejak Kamis (12/9) pagi. (*/Dry)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here