Rusuh Demo Mahasiswa Tidak Berdampak ke Pengusaha

aksi-mahasiswa
Mahasiswa memasangi spanduk di gerbang gedung DPR RI. Foto: M Zubeir/Indonesiainside.id

Oleh: Suandri Ansah

Indonesiainside.id, Jakarta – Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) berharap kerusuhan demonstrasi tak tereskalasi. Asosiasi berharap situasi ini segera reda.

“Demo semoga enggak mendampak, harapan kita kan tidak akan lama dan tidak akan tereskalasi luar biasa, ya tetap optimislah,” ujar Wakil Ketua Umum Bidang Kebijakan Publik Gapmmi, Rachmat Hidayat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (25/9).

Pengusaha mendorong pemerintah menampung aspirasi pengunjuk rasa dan meredam gejolak ini. Sejauh ini, Rachmat mengaku belum mendapat laporan dari anggota mengenai dampak demonstrasi.

“Kita berharap bisa segera diatasi pemerintahlah. Sejauh ini kami belum mendapat laporan. Masih aman,” katanya.

Mahasiswa lintas universitas menggelar aksi unjuk rasa menolak RKUHP sejak Senin kemarin. Aksi digelar serempak di berbagai kota seperti Yogyakarta, Malang, Surabaya, Makassar dan Jakarta.

Selasa malam kemarin, aksi besar-besaran juga digelar di depan gedung parlemen, Senayan, Jakarta Pusat. Meski awalnya berlangsung damai, aksi pecah dengan kerusuhan jelang sore hingga malam.

Demonstran melakukan pembakaran pos polisi di bilangan Senayan, memblokir jalan tol, dan membakar gerbang tol Pejompongan. Aksi terus berlanjut hingga Rabu ini.

Kali ini, unjuk rasa melibatkan bocah sekolah menengah. Dalam aksinya, mereka membuat kerusuhan sehingga memantik tindakan kepolisian. Saat berita ini ditulis, kerusuhan yang melibatkan bocah sekolah menengah itu masih berlanjut. (*/Dry)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here