Di Tengah Ancaman Resesi, Kemendag Ajak Pengusaha Berekspansi

Perang Dagang AS dan China
Perang Dagang AS dan China. Foto: Istimewa

Oleh: Suandri Ansah

Indonesiainside.id, Jakarta – Kementerian Perdagangan mengajak pengusaha asing melakukan ekspansi usahanya di Indonesia. Upaya ini dilakukan dengan dengan menggelar Trade and Investment Forum (TI Forum).

Forum yang mengusung tema “Trade and Invest in Indonesia Now” digelar di sela-sela penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 di Indonesia Convention Exhibition, Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten, Rabu (16/10).

“Agar para investor dan pengusaha mau melakukan ekspansi usaha di Indonesia di tengah meningkatnya ketidakpastian ekonomi dunia,” ujar Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukito.

Menurutnya, pengusaha harus yakin bahwa Indonesia aman-aman saja. Kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil diharapkan mampu memberikan rasa optimisme para investor.

Dia mengklaim, pertumbuhan ekonomi Indonesia selama lima tahun terakhir relatif stabil. Meskipun pertumbuhan berada pada kisaran 5%.

“Masih di atas rata-rata pertumbuhan dunia untuk negara berkembang,” imbuh dia.

Pertumbuhan yang stabil ini, lanjutnya, didorong oleh permintaan domestik yang kuat dan angka inflasi yang rendah. Sementara, pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan turun 3,2% pada tahun ini dan relatif stagnan dua sampai tiga tahun ke depan.

Beberapa kondisi perekonomian global yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi dunia, seperti krisis ekonomi yang melanda Argentina dan Turki, krisis Brexit, dan pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) tahun 2020.

Selain itu, ada juga perang dagang antara AS dan Tiongkok yang seharusnya dilihat sebagai peluang bagi Indonesia. Enggar mengatakan, pemerintah telah mengantisipasi penurunan ekonomi global dengan berbagai langkah antisipatif. (*/Dry)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here