Curhatan Darmin Selama Jadi Menko Perekonomian

kordinir kementrian
Menko Perekonomian, Darmin Nasution, saat bersama para menteri yang di bawah koodinasinya. Foto: Annisa Fadhilah/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Sebentar lagi periode kepemimpinan Jokowi yang pertama selesai. Menko Perekonomian, Darmin Nasution menceritakan bagaimana dia mengordinir kementerian-kementerian yang berada dibawah kepemimpinannya.

“Semua orang mempunyai watak yang berbeda, terkadang juga ada yang uring-uringan,” ujar Darmin di depan para menteri yang dia koordinir, di Jakarta, pada (18/10).

Darmin mengaku, pertama kali merasa kesusahan mengordinir komoditas beras dan gula. Bahkan dia mengaku pernah terjadi perselisihan data-data panen, sehingga harus mencari cara dengan menyuruh turun ke lapangan kepada Kementerian Agraria dan BIG (Badan Informasi Geospasial), hingga akhirnya masalah tersebut jalan keluarnya.

“Kementrian PUPR jarang hadir rapat koordinasi, karena sibuk temani Presiden di lapangan. Namun, beliau selalu mengirimkan dirjennya untuk datang rapat,” kata Darmin.

Darmin juga mengaku pernah berbeda pendapat dengan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto pada awal tahun mengenai summit Singapura di Bali, tentang Kapupaten Kendal. Akhirnya dia dan Airlangga telah mencapai kesepakatan.

“Terkadang koordinator harus bijaksana. Harus tau kapan elus punggung, kapan injak kaki,” tambah Darmin. (*/Dry)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here