Indonesiainside.id, Jakarta – Bulog merambah bisnis digital (e-commerce) untuk mendukung penjualan produknya hingga ke tangan konsumen. Pada momen HUT RI 2019, kemarin Bulog mengaku telah melakukan Soft Launching di aplikasi e-commerce Shopee dan VISTA, dengan nama PANGANANDOTCOM.
“Penjualan digital memudahkan masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan bahan pokok, tanpa harus pergi ke pasar. Masyarakat tinggal pesan secara online dan pengiriman dilakukan langsung ke rumah pembeli,” ujar Dirut Bulog, Budi Waseso (Buwas), di Jakarta pada Jumat (01/11).
Menurut Buwas, pemasaran bahan pokok melalui platform daring juga memiliki kelebihan lain. Dia menambhkan, hal itu dapat memotong rantai pasok distribusi, sehingga bisa mengurangi kesempatan tengkulak dalam memainkan harga pasar dan menekan jumlah mafia pangan yang ingin mendapatkan keuntungan.
“Minimal ada 50 produk komersial beras Bulog yang kita luncurkan. Kita pasarkan ke ritel-ritel,” ujar Buwas.
Buwas mengatakan, penjualan beras secara komersil dengan berbagai varian produk ini. Dia mengatakan, alasannya ialah kualitas produk beras Bulog mengalami peningkatan kualitas.
“Dengan inovasi-inovasi yang sudah dilakukan tersebut, Bulog diharapkan mampu menyediakan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau untuk seluruh masyarakat Indonesia, sehingga dapat melaksanakan tugas yang diemban yaitu untuk menstabilkan harga pangan pokok,” tambah Buwas. (*/Dry)