Kadin Dorong Pemerintah Gandengkan Industrialisasi dengan Agroindustri

Rapat Rakornas
Rapat Rakornas. Foto: Suandri Ansah/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) lndonesia menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta. Rapat akan merumuskan rekomendasi seputar upaya peningkatan produktivitas dan daya saing pertanian juga industri pangan.

Ketahanan pangan masih menjadi fokus utama Pemerintah lndonesia. Hal ini disebabkan masih terdapat sejumlah tantangan, di antaranya peningkatan produktivitas pangan di tengah jumlah popuiasi yang terus meningkat.

Kadin menilai, sistem perdagangan pangan global yang semakin terbuka menyebabkan harga produk pangan di dalam negeri ikut terpengaruh. Kondisi ini menyebabkan harga komoditas pangan strategis menjadi berfluktuasi.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Agribisnis, Pangan dan Kehutanan Franky O. Widjaja mengatakan, tekanan ini bisa diatasi jika pemerintah aktif menciptakan ekosistem iklim investasi ketahanan pangan yang baik. Sehingga sektor pertanian nasional mampu meningkatkan daya saingnya.

“Strategi industrialisasi berbasis agroindustri perlu dipersiapkan dengan matang,” ujarnya dalam Rapat Kordinasi Nasional, Kadin di Jakarta Pusat, Selasa (5/11).

Dia menambahkan, urgensi serupa juga untuk meningkatkan strategi daya saing ekspor unggulan nasional. Caranya, dengan memproses dan mengolah produk hasil pertanian menjadi barang-barang setengah jadi atau produk final. (*/Dry)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here