Jonan Yakin Pemerintah Terapkan B100

B100
Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan (kiri) menjadi pembicara kunci dalam acara Indonesia Biodiesels Leader Forum yang diselenggarakan Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) di Jakarta. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESM) Ignasius Jonan yakin Pemerintah Indonesia konsisten untuk menerapkan kebijakan B30, B50, hingga B100 ke depan sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo.

Untuk itu, lanjutnya, perlu konsistensi dalam mengkampanyekan biodiesel agar tak terjadi resistensi masyarakat terhadap energi terbarukan ini.

Menurut Jonan, Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) harus melakukan kampanye yang baik secara konsisten kepada masyarakat sehingga tak ada resistensi atau penolakan bila harga biodiesel mengalami kenaikan atau penyesuaian.

“Perlu konsistensi dalam melakukan kampanye yang baik secara konsisten kepada masyarakat sehingga tak ada resistensi bila harga biodiesel mengalami kenaikan. Mestinya harga tak menjadi persoalan ketika biodiesel sudah menjadi kebutuhan masayarakat,” kata Jonan, Minggu (10/11).

Jonan mencontohkan apa yang terjadi untuk produk rokok dan pulsa atau kuota data internet yang tidak pernah mengalami resistensi atau penolakan bila mengalami kenaikan harga.

Jonan menambahkan, hal yang sama bisa berlaku pada biodiesel jika Aprobi melakukan kampanye secara konsisten dengan konten yang bagus kepada masyarakat.

“Aprobi bisa mengajak pihak lainnya seperti Pertamina dan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk membuat kampanye bersama. Selain itu, Aprobi mesti duduk bersama dengan para pemangku kepentingan lainnya untuk membicarakan standar kualitas B30 yang baik agar tidak mengurangi kinerja mesin,” jelas Jonan. (*/Dry)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here