Gaikindo Dukung Penerapan B30

Yohannes Nangoi
Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi (tengah). Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohanes Nangoi mengatakan pihaknya mendukung program implementasi bahan bakar biodisel campuran minyak kelapa sawit 30% (B30).

Yohanes menegaskan bahwa satu-satunya negara yang mengimplementasikan B20 hanya di Indonesia, sedagkan negara lain rata-rata 7% (B7).

“Dengan bangga dan bahagia saya katakana sampai saat ini tidak ada keluhan pemakain B20. Jadi tidak ada masalah pada kendaraan,” ujar Yohanes, Senin (11/11).

Dia menuturkan, dalam ujicoba B30 masih ada sedikit keluhan dari pengguna yakni masih tingginya kadar air, idealnya maksimal di level 200 mg/kg.

Menurutnya, kadar air tinggi akan berdampak pada performa mesin kendaraan, khususnya mobil penumpang bertenaga disel, seperti Kijang Innova atau Fortuner. “Terjadi guratan-guratan dalam mesin injeksi dan dalam jangka panjang mengakibakan mobil menjadi rusak,” tandasnya.

Yohanes melanjutkan, perubahan standar kadar air pada bahan bakar B30 juga dapat memaksa produsen untuk merombak mesin kendaraannya. Hal ini dapat mengakibatkan meningkatnya biaya produksi yang diemban tiap produsen.

Gaikindo selalu mendukung penggunaan energy baru terbarukan dengan tujuan mengurangi polusi dan tergerusnya cadangan devisa negara akibat impor minyak. “Kami tetap dukung B30 ataupun jika nantinya dinaikan lagi jadi B50 dan B100. Asalkan standar yang sudah ada jangan diubah lagi,” tandasnya.

Gaikindo mencatat produksi sekitar 1,3 juta unit mobil per tahun, sebanyak 1,1 juta unit dikonsumsi dalam negeri dan sekitar 300 ribu unit mobil diekspor ke luar negeri. Ada permintaan tiga atau empat tahun lagi ada target peningkatan ekspor menjadi 1 juta unit kendaraan.

“Ada perubahan sekecil apapun di mobil dampaknya sangat besar. Saat ini ekspor kendaraan ke 80 negara,” pungkasnya. (*/Dry)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here