Bom Bunuh Diri Meletus, Rupiah Tersungkur Melemah 26 Basis Poin

Situasi pasca ledakan bom di Polrestabes Medan, Rabu (13/11/2019). Foto : Indonesiainside.id/Dok. Polrestabes Medan

Indonesiainside.id, Jakarta – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu (13/11) bergerak melemah 26 poin atau 0,19% menjadi Rp14.080 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya di level Rp14.054 per dolar AS. Akumulasi sentimen ‘resesi’ global hingga meletusnya bom bunuh diri di Medan ikut menyeret mata uang Garuda hingga melemah pada hari ini.

Berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (BI), rupiah telah melemah empat hari berturut-turut dari posisi Rp 14.020 per dolar AS pada Jumat pekan lalu. “Dalam transaksi hari ini rupiah kemungkinan akan melemah di level 14.015-14.080,” kata Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Rabu.

Dari eksternal, pasar meragukan apakah Amerika Serikat dan China dapat mencapai kesepakatan perdagangan dalam waktu dekat. Selain itu, pasar juga khawatir atas meningkatnya ketegangan di Hong Kong. Bentrokan antar polisi dan pengunjuk rasa memperdalam kekhawatiran tentang prospek pusat keuangan Asia tersebut.

Baca Juga:  Stimulus Belum Jelas, Dolar Pun Lunglai Hari Ini

Pada pukul 10.28 WIB, rupiah masih melemah 28 poin atau 0,2 persen menjadi Rp14.082 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.054 per dolar AS.

Di sisi lain, meletusnya bom bunuh diri yang terjadi di Polrestabes Medan, Rabu pagi, membuat kekhawatiran terhadap keamanan publik. Polda Riau memerintahkan seluruh jajaran Polres dan Polsek di Provinsi Riau untuk memperketat penjagaan.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto mengatakan, seluruh jajarannya diperintahkan untuk memperketat penjagaan di markas komando (mako) dan asrama.

“Perketat penjagaan mako dan asrama. Tingkatkan kewaspadaan diri personil di lapangan. Jangan ada yang bekerja sendiri di lapangan, saling mengawasi,” tegasnya, Rabu (13/11).

Baca Juga:  Jelang HUT RI: Rupiah Malah Kedodoran

Petugas masih melakukan penyisiran di seputaran Mako Polrestabes Medan untuk pengembangan atas insiden ledakan tersebut dan police line juga sudah terpasang di lokasi.

Petugas juga melakukan identifikasi terhadap sejumlah lokasi di Mako Polrestabes, termasuk di sejumlah lokasi di luar. Warung-warung yang berada di seberang jalan depan mako Polrestabes Medan juga dilakukan identifikasi.

Aksi bom bunuh diri terjadi di Polrestabes Medan Jalan HM Said Medan yang dilakukan diduga seorang menggunakan atribut ojek daring dan meledak di sekitar kantin Polrestabes Medan. (*/Dry/Ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here