Menteri KKP Permudah Izin Kapal Tangkap Seperti Pembuatan BPKB

Edhy Prabowo
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (kanan) dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani (kiri) di Menara Kadin Jakarta, Senin (18/11). Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengungkapkan pihaknya akan mempermudah perizinan usaha baik izin kapal perikanan maupun penangkapan ikan yang selama ini banyak dikeluhkan stakeholder.

“Maunya sih ngurus izin kapal itu kayak ngurus BPKB tapi kan tidak semudah itu. Keselamatan laut lebih sangat riskan, sangat tinggi risikonya,” ucapnya di Kantor Kadin, Senin (18/11).

Menteri Edhy mencontohkan, jika mesin kendaraan mati di darat, pengemudi atau penumpangnya bisa berjalan kaki, jika mesin kapal di laut mati penumpangnya bisa terombang-ambing, tidak ada yang bisa dilakukan. Untuk itu, meskipun perizinan akan dipercepat, aspek pertimbangan keselamatan dan sebagainya tidak bisa diabaikan.

“Semua sudah kita kaji. Kita berharap kedepan perizinan bukan menjadi momok lagi,” lanjutnya.

Guna mempercepat proses perizinan ini, KKP bersama Kementerian Perhubungan dan Kementerian Ketenagakerjaan telah berkoordinasi intensif.

“Begitu izin dari Perhubungan selesai, dari KKP selesai, ditambah satu lagi dari Ketenagakerjaan ini selesai, sama-sama kita launching. Berarti masa berlakunya sama. Iklim bisnisnya akan kita bangun mulai dari perizinan,” jelasnya. (*/Dry)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here