Tol Layang Jakarta-Cikampek Gratis, Mulai 15 Desember 2019

Basuki Hadimuljono
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR), Basuki Hadimuljono, Jakarta, Selasa (12/11). Foto: Suandri Ansah/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Tol Layang Jakarta-Cikampek (Tol Layang Japek) akan digratiskan pada tanggal 15 Desember hingga 6 Januari. Hal ini dalam rangka percobaan terhadap calon pengguna tol dan libur Natal dan Tahun Baru 2021.

“Japek (Jakarta-Cikampek) layang akan diresmikan tanggal 15 Desember. Rencananya gratis sampai Natal selesai, 6 Januari 2021 nanti,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, di Gedung DPR RI, Jakarta pada Senin (2/12).

Tarif yang akan berlaku untuk Tol Layang Japek, untuk kondisi setelah Natal dan Tahun Baru, belum diputuskan oleh Basuki. Dirinya mengaku akan melakukan rapat terlebih dahulu dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Basuki juga menambahkan, bahwa kebijakan tarif gratis dan penggunaan Tol Japek Layang hanya berlaku untuk kendaraan golongan satu dan dua. Dia menegaskan, hanya kendaraan kecil saja.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danang Parikesit mengatakan bahwa pihaknya masih olah terus regulasi tarif Tol Layang Japek ini. Menurutnya, bagaimanapun juga antara Tol Japek dia atas dengan bawah saling berkaitan.

“Kita sekarang melakukan evaluasi tidak hanya Japek tapi Japek layang dan Tol Becakayu karena ketiga itu paralel. Kalau tiga tol sudah dijadikan satu, nanti tarifnya berarah ke tarif integrasi,” ujar Danang Parikesit, di kesempatan yang sama, Jakarta, Senin (2/12).(*/Dry)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here