Bandara Kertajati Tak Laku, Menhub Budi Karya: Kami Punya Format Baru

kertajati
Bandara Kertajati di Jawa Barat. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah sudah mempunyai format baru untuk pelayanan di Bandar Udara Internasional Kertajati, Jawa Barat. Budi membeberkan, format tersebut yakni Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberlakukan penerbangan untuk ibadah umrah dari bandara tersebut.

“Semua yang umrah dari Jawa Barat bagian timur dan Jawa Tengah bagian barat akan pakai (Bandara) Kertajati,” ujar Budi di Jakarta, Kamis (5/12).

Selain itu, Budi juga mempunyai target akan ada minimal satu penerbangan dalam satu hari untuk umrah. Dia memperkirakan akan ada 400 orang per hari, yang jika dikalkulasi secara keseluruhan total penerbangan, akan ada 180 ribu orang per tahun.

“Tentu ini menyenangkan untuk mereka karena jaraknya dekat,” ujarnya.

Budi mengaku sudah ada perjanjian antara Kemenhub dan maskapai Garuda Indonesia sebagai operator yang akan menjalankan penerbangan khusus umrah itu. “Secara umum, Garuda sudah setuju. Kita juga dapat harga avtur yang sama dengan Soetta (Bandara Internasional Soekarno-Hatta). Saya tinggal minta izin menteri agama besok,” tutur menhub.

Jika sudah mendapat persetujuan dari menteri agama, kata Budi, penerbangan umrah di Kertajati segera resmi dioperasikan. Setelah persetujuan itu, menhub menargetkan program itu dimulai per 1 Februari 2020.

“Garuda Indonesia mulai tanggal 18 Desember ini sudah terbang dari sana (Kertajati). Tapi mulai 1 Februari, kita minta tiap hari,” jelasnya.

Selain adanya format baru mengenai penerbangan umrah, menhub tidak mengelak bahwa masih ada permasalahan lain di Kertajati, yaitu masalah tiket. “Masalah tiket, masih ada selama ini yang menganggap mahal. Kami berikan pengertian mengenai itu,” katanya.

Atas dasar permasalahan tiket itu, Budi menjelaskan, pihaknya akan membuat satu keseimbangan dan efisiensi harga, yang tentunya lebih murah. (AIJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here