Menkeu Sebut Ada yang Coba Pasang Badan Lindungi Dirut Garuda, Siapa?

Sri Mulyani
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta — Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyebut ada pihak yang mencoba memasang badan dalam kasus penyelundupan motor Harley Davidson dalam pengiriman pesawat Garuda tipe Airbus A330 900-Neo. Orang yang dimaksud adalah SAW, salah satu penumpang yang turut dalam pengiriman pesawat dari Perancis itu.

Dia ditengarai pasang badan untuk AA, si pemilik Harley Davidson. Inisial AA diduga adalah Direktur Utama Garuda Indonesia I Gede Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara.

“Kita akan terus melakukan tindak lanjut terhadap baik yang bersangkutan yang mengatasnamakan maupun jajaran Direksi Garuda, karena tampaknya yang bersangkutan coba pasang badan,” ujar Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Kamis (5/12).

Baca Juga:  Sri Mulyani: Penyerapan Anggaran Kesehatan Covid-19 baru mencapai 14,4%

SAW adalah nama yang tertera pada claimtag 15 koli yang berisi sparepart motor Harley Davidson bekas dengan kondisi terurai. Berdasarkan hasil penelusuran di pasaran, perkiraan nilai motor Harley Davidson tersebut berkisar antara Rp200 juta sampai Rp800 juta per unitnya.

Berdasarkan pemeriksaan awal, SAW atau SAS ini mengaku bahwa Harley Davidson keluaran 1970 itu dipesan lewat portal jual beli eBay. Namun, Kementerian tak mendapati kontak dari penjual yang didapat dari eBay tersebut.

Kecurigaan bertambah setelah penyelidikan kementerian mendapati bahwa SAW mempunya utang bank Rp300 juta yang dicairkan pada Oktober lalu untuk renovasi rumah. Transfer uang SAW kepada istrinya sebanyak tiga kali senilai Rp50 juta.

Baca Juga:  Sri Mulyani: Penyerapan Anggaran Kesehatan Covid-19 baru mencapai 14,4%

“Kami cek SAS tidak hobi motor melainkan sepeda, tapi dia impor motor. Jadi mungkin dari sepeda ke sepeda motor,” imbuh Sri.

“Kami dalam proses melakukan penyelidikan motif awal apakah betul yang bersangkutan memiliki atau atau atas nama pihak lainnya. Kami tentu akan melihat hal ini,” katanya lagi. (*/Dry)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here