Menteri Edhy Tertantang Buat Izin Kapal Ikan 1 Jam

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mendapat tantangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempercepat perizinan kapal. Sebab selama ini proses perizinan kapal sampai berbulan-bulan, bahkan sampai dua tahun belum keluar izinnya.

“Saya diperintahkan Presiden Jokowi kalau izin bisa dibuat satu jam kenapa berhari hari? Untuk itu saya merasa tertantang,” ujar Edhy di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (4/12).

Dia mengatakan, pihaknya ingin mempercepat izin kapal melalui penyederhanaan regulasi. “Izin kapal biasanya paling cepat 14 hari, namun realisasinya bisa berbulan-bulan belum keuar izinya. Setelah di cek dua tahun izin kapal tidak keluar karena tidak memenuhi aturan. Target kita izin kapal bisa keluar dalam satu jam,” ungkap Edhy.

Selama ini izin kapal harus melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Untuk itu, Kemenhub sudah sepakat menyerahkan seluruh prosedur perizinan ke KKP. “Kami melakukan pendekatan terus dan Alhamdulillah Menhub sangat terbuka. Bahkan beliau siap serahkan izin yang dikeluarkan Perhubungan diserahkan ke KKP,” katanya.

“Jadi nantinya perizinan cukup dilakukan di KKP, alias satu atap. Itu akan mempermudah pelaku usaha. Tidak ada lagi tumpang tindih aturan. Sehingga begitu izin keluar dengan KKP boleh nangkap, semuanya berlaku, umurnya sama,” tambahnya. (*/Dry)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here