Mentan Ingin Tekan Losses Padi Hingga 5 persen

Syahrul Yasin Limpo
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ingin menekan kehilangan hasil (losses) tanaman padi yang saat ini sekitar 10-12 persen menjadi 5 persen.

“Apabila petani melakukan panen dengan cara manual dan cara bertani tidak ditata sesuai dengan teknologi maju sekarang, maka losses pasti aakan terus terjadi,” ungkap Syahrul di Jakarta, Jumat (6/12).

Untuk itu, kata Syahrul ke depan konsep ini yang harus ditata. Sehingga awalnya ada losses 10-12 persen bisa turunkan menjadi 5 persen. Ini dapat menguntungkan petani,” ujar dia.

Dia mengatakan, dengan menggunakan mekanisasi peranian maka losses bisa ditekan lebih kecil. “Kehilangan hasil ditekan sampai 5 persen itu besar untuk 7 juta hektar sawah di seluruh Indonesia,” jelas dia.

Selain itu, katanya, konsep losses di dalam program di Kementerian Pertanian juga akan terus diperbaiki. Untuk itu, kita harus bersama-sama menurunkan losses dan tidak ada gerakan tanpa terukur dan tidak ada gerakan tanpa target.

Menurutnya, semua ini tidak bisa dilakukan sendiiri oleh pemerintah. Dibutuhkan stakeholder lain seperti perguruan tinggi guna memperkaya konsepsi pembangunan pertanian. (*/Dry)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here