Mentan Ungkap Pengalaman Menarik soal Krisis, Petani Justru Petik Untung

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengungkap pengalaman menarik soal krisis ekonomi. Sektor pertanian diyakini tahan krisis dan resesi ekonomi jika dikelola dengan baik, bahkan petani dapat memetik keuntungan di balik krisis.

“Saat krisis ekonomi terjadi, saya masih menjadi Bupati. Saya ingat betul, rakyat Sulsel yang waktu itu menanam coklat, kopi dan jagung yang survive. Bahkan mereka memetik keuntungan di balik krisis itu,” kata Syahrul, Minggu (8/15).

Dia mengatakan bahwa masa depan dunia pertanian sangat menjanjikan untuk kehidupan yang lebih baik. Dia mengingatkan bahwa saat krisis dan resesi ekonomi yang terjadi di Indonesia, sektor pertanian memiliki daya tahan yang kuat terhadap goncangan.

Dia menegaskan bahwa pertanian adalah kekuatan Indonesia. Terlebih Indonesia di di masa depan akan mendapatkan bonus demografi, berupa penduduk usia produktif yang besar.

“Untuk menghadapi itu, mari kita buat sistem, agar tidak ada penduduk yang tidak bisa bertani. Maka pekarangan rumah dan sekolah sekali pun, diupayakan dekat dengan pertanian,” ujar Syahrul.

Untuk memperkenalkan pertanian di sekolah, Mentan Syahrul menggulirkan terobosan program Pertanian Masuk Sekolah (PMS). “Semua siswa SMA yang sudah duduk di kelas 3, diajar bertani. Setiap siswa diberikan tanggung jawab, diberikan bedengan, diberikan bibit, dan ini bisa menjadi salah satu bahan evaluasi oleh gurunya,” kata Syahrul.

Dia berharap setelah siswa mendapatkan informasi, pengetahuan dan keahlian tentang pertanian yang utuh, ingin terjun langsung, mereka akan menjadi petani yang tangguh. (*/Dry)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here