Mendag Minta Pengusaha E-Commerce Jual Produk Lokal

Agus Suparmanto
Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto meminta pemangku kepentingan e-commerce berkolaborasi mendukung peningkatan transaksi produk lokal. Pengusaha diminta memperkuat ekspor Indonesia di pasar global.

“Pertemuan ini merupakan momentum penting agar kita bersama-sama dapat berkolaborasi, bahu-membahu untuk mendukung peningkatan transaksi produk lokal menembus dan berjaya di pasar global di era perdagangan bebas,” ujar Menteri Agus di Forum “Optimalisasi Daya Saing Produk Dalam Negeri Menuju Pasar Global Melalui Pemanfaatan E-Commerce”, di Jakarta, Senin (9/12).

Acara ini dihadiri sekitar 500 peserta dari platform daring, pelaku usaha, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), akademisi, dan pendukung ekosistem niaga-el, komunitas perdagangan digital, serta kementerian/lembaga terkait..

Agus menggarisbawahi, potensi perdagangan elektronik di dunia diproyeksikan terus tumbuh hingga mencapai USD 6,53 triliun pada 2023. Potensi ini, menurut dia, harus terus dimanfaatkan untuk meningkatkan konsumsi produk lokal dan penguatan ekspor Indonesia.

Dia berharap, kolaborasi bersama; pemerintah, pengusaha dan stake holder, dapat mendukung peningkatan konsumsi produk lokal dan penguatan ekspor. Kementerian Perdagangan sangat optimis pertumbuhan ekspor Indonesia hingga dua digit pada tahun 2020 dapat terwujud.

Dia menjelaskan, Kementerian telah memiliki program-program strategis guna mendukung pertumbuhan ekosistem perdagangan elektronik. Program tersebut di antaranya pendampingan dan pengembangan manajemen usaha, digital branding dan pemasaran hingga pelatihan ekspor secara daring.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Suhanto menambahkan, Kementerian terus memberikan dukungan ketersediaan informasi bagi para pelaku usaha yang ingin mengekspor produknya. Informasi tersebut dapat diakses melalui web exim.kemendag.go.id.

Lewat portal ini, pengusaha bisa mengakses informasi mengenai intelijen pasar, promosi dagang, prosedur ekspor dan impor serta berbagai informasi lainnya yang dipersyaratkan di negara tujuan ekspor. “Kemendag juga melalui berbagai program strategisnya diharapkan perdagangan elektronik dan daya saing produk lokal dapat terus meningkat,” kata Dirjen Suhanto. (*/Dry)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here