Amankan Natuna, Prabowo Subianto Akan Beli Kapal Perang Denmark

Operasi Siaga Tempur Laut Natuna 2020. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Guna mengamankan perairan Laut Natuna Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berencana membeli kapal ocean going dari negara Denmark.

“Menteri Pertahanan sudah ada rencana membeli kapal ocean going sepanjang 143-150 meter dari dari galangan kapal di Denmark. Kapal ini bisa menjelajah dengan cakupan jauh dan bebas sekelas fregat,” ungkap Menko Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, Sabtu (18/1).

Dia mengungkapkan, pembelian kapal ocean going atau sekelas fregat dengan kemampuan jelajah jarak jauh untuk menunjang operasional Badan Keamanan Laut (Bakamla).

“Indonesia selama 78 tahun meredeka belum mempunyai ocean going. Pembelian bakal dilakukan setelah DPR merampungkan aturan omnibus law mengenai Bakamla,” kata dia.

Dia menambahkan, tim sudah melakukan survey ke Natuna untuk membangun tempat pangkalan ikan dan industri perikanan.

Luhut mengungkapkan bahwa segala hal di antaranya mengenai rencana para nelayan yang akan dikirim ke Natuna untuk mendukung Sentra Perikanan disana itu akan berdasarkan kepada hasil studi yang saat ini masih berlangsung.

“Studi sedang dibuat dan dari hasil studi maka akan terjawab semua, jadi Menteri KKP yang akan eksekusi, studi ini adalah dasarnya. Penegakan hukum tetap akan Bakamla, hasil studi yang akan menjadi dasar kita, para ahli perikanan akan kita kumpulkan, kebijakan itu akan keluar setelah hasil studi keluar,” pungkas Luhut. (*/Dry)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here