Kenaikan Iuran Peserta BPJS Kesehatan Mandiri Kelas III Bisa Batal?

BPJS kesehatan
Suasana Kantor Cabang BPJS Jalan Raya Kelapa Dua, Jakarta Barat. Foto : Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto akan membahas lebih lanjut dengan pihak BPJS Kesehatan, mengenai potensi pembatalan kenaikan iuran untuk Peserta BPJS Kesehatan mandiri kelas III.

“Saya akan bicara dengan BPJS Kesehatan. Saya akan pertanyakan,” ujar Terawan Agus Putranto, di Gedung DPR, Jakarta, tadi malam (20/1).

Terawan menklaim sempat mengirim surat rekomendasi kepada BPJS Kesehatan untuk mengkaji lagi kenaikan iuran peserta mandiri kelas III. Tetapi iuran peserta mandiri kelas III tetap naik pada awal tahun.

“Surat itu mengenai dasar hukum. Saya mengeluarkan solusi saja, sekarang tanyakan ke BPJS karena dia yang punya uang. Menteri Kesehatan sebagai regulator, memberi saran,” tambah Terawan.

Ketika ditanya apakah adq potensi pembatalan kenaikan iuran untuk peserta mandiri kelas III, Terawan tidak memberikan jawaban pasti. “Keputusan itu berada di tangan BPJS Kesehatan,” tambah Terawan.

“Yang punya kemampuan untuk eksekusi itu kan hanya yang punya uang, yaitu BPJS Kesehatan,” ujar Terawan

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris mengungkapkan pihaknya tak bermaksud melawan usulan dari Kementerian Kesehatan, untuk tidak menurunkan iuran untuk peserta BPJS mandiri kelas III. Dia mengaku hanya menjalankan aturan yang sudah ditetapkan sebelumnya mengenai kenaikan iuran peserta BPJS Kesehatan.

“Setelah ini kami cari solusi dan kami akan segera berkoordinasi lebih lanjut. BPJS ada kewenangan tanggung jawab yang sesuai dengan ketentuan yang ada,” ujar Fahmi.

Dia juga menyatakan ada opsi peserta mandiri kelas III turun menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). “Saat ini Kementerian Sosial sedang melakukan perbaikan data terkait status peserta BPJS Kesehatan,” ujar Fahmi.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here