Milenial Lebih Senang Pakai Dompet Digital, Bye-Bye Kartu Debit!

ampilam kode QR pada aplikasi dompet digital
Tampilan kode QR pada aplikasi dompet digital. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Peneliti Indef, Agus Herta Sumarto mengatakan telah terjadi perubahan perilaku transaksi di kalangan milenial. Menurutnya, generasi ini tidak lagi senang menyimpan uangnya berlama-lama di bank dan memindahkannya ke aplikasi uang elektronik atau dompet digital.

Dengan demikian, transaksi menggunakan kartu debit menjadi berkurang. Agus mengatakan, dompet digital bisa menjadi saingan berat bagi bank-bank konvensional yang masih mengandalkan pendapatan lewat fee based income.

“Bagi bank yang fee based income ini juga menjadi saingan yang cukup tinggi. Karena transaksi semuanya dilakukan oleh fintech payment tidak lagi kartu debit,” ujarnya di Jakarta Selatan, Rabu (22/1).

Dia mengatakan, aplikasi uang elektronik saat ini banyak memberikan promo-promo potongan harga untuk menarik minat milenial. Sehingga, katanya, ketika milenial melakukan transaksi mereka cenderung bertanya apakah penjual menyediakan layanan pembayaran digital.

Tentunya transaksi yang dulu bisa diambil keuntungannya oleh bank juga berkurang. Jadi otomatis fee based incomenya juga berkurang,” imbuh Agus.

Sampai pertengahan tahun 2019, setidaknya terdapat 38 perusahaan elektronik legal menurut catatan Indef. Transaksi dompet digital ini mencapai Rp21 triliun.

“Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat menjadi Rp355 triliun pada 2023,” tutur Agus.(*/Dry)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here