Terinspirasi Natuna, Pemerintah Garap UU Keamanan Laut

Menko Polhukam, Moh Mahfud MD. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengungkapkan pemerintah tengah membuat Undang-undang (UU) Keamanan Laut. Saat ini RUU tersebut sudah masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2020.

“Saat ini saya sedang garap Undang-undang keamanan laut. Sudah masuk di prolegnas. Ini terinspirasi oleh peristiwa di Natuna,” kata dia di Hotel Hotel ShangriLa, Jakarta, Rabu (22/1).

Menurutnya, selama ini tidak ada pihak yang bertanggung jawab untuk mengamankan laut atau perairan Indonesia. Akibatnya tiap instansi saling menunggu dan berbenturan.

“Siapa sih yang atur laut kita, apakah Bakamla, Polisi air, Bea Cukai, atau apa, sehingga saling menunggu. Kadang berbenturan dan rebutan,” kata dia.

Menurutnya, tujuan dibuat UU Keamana laut agar ada satu komando. Sehingga kalau ada masalah bisa lebih cepat diselesaikan.

“Akan ada satu pintu komando. Sekarang kan ada banyak komendo itu di laut kita. ini belajar dari kasus Natuna,” jelas dia. (*/Dry)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here