Begini Syarat Pemda Yang Ingin Pinjam Uang Ke SMI

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). Foto: SMI

Indonesiainside.id, Jakarta – PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI yaitu perusahaan yang menyediakan pinjaman untuk pembangunan infrastruktur, salah satunya bisa untuk pemerintah daerah (Pemda). Namun, sejumlah syarat harus dipenuhi sebelum mengajukan pinjaman daerah kepada SMI.

Menurut Direktur Utama SMI Edwin, persyaratan yanf ada di SMI, tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2018 tentang Pinjaman Daerah. Dilihat dari pemaparan Edwin, ada lima persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemda.

“Pertama, jumlah sisa pinjaman daerah tambah jumlah pinjaman ditarik enggak boleh melebihi 75 persen. Dilihat dari penerimaan umum APBD tahun anggaran sebelumnya,” ujar Edwin di Kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Jakarta, Jumat (24/1)

Selanjutnya, pemda harus memenuhi nilai rasio kemampuan keuangan daerah atau DCSR, untuk mengembalikan pinjaman daerah sebagaimana ditetapkan oleh Menteri Keuangan. “Saat ini nilai tersebut adalah minimal 2,5 kali,” tambah Edwin.

“Pemda tidak boleh ada tunggakan pinjaman ke pemerintah pusat. Kemudian ada dokumen perencanaan, kajian biasanya kami lakukan untuk perbantuan penyempuranaan dari dokumen perencanaan tersebut,” ujar dia.

Terakhir dari paparan Edwin, pinjaman jangka menengah dan jangka panjang wajib mendapatkan persetujuan DPRD, yang dilakukan bersamaan saat pembahasan KUA PPAS APBD.

Adapun tingkat bunga pinjaman dari SMI, yakni bunga fixed dan efektif pada tingkat imbal hasil SBN dengan tenor setara ditambah 0,75%. Tenor atau jangka waktu pinjaman sendiri yang disediakan adalah tiga hingga delapan tahun. (*/Dry)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here