Garuda Bayar Utang dengan Utang Baru, Dirut: Tipikal Bisnis Ini

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Irfan Setiaputra. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia baru, Irfan Setiaputra mengatakan direksi sudah menyiapkan langkah-langkah terkait utang. Salah satu caranya, utang baru.

“Utang jadi konsentrasi kita, saya sempat bicara dengan tim. Ada beberapa alternatif yang akan diambil. Kita akan lakukan upaya untuk utang baru,” ujat Irfan di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (24/1).

Dia mengatakan, tetap berupaya untuk mengurangi utang untuk menguatkan laba perusahaan. Dia juga akan melakukan negosiasi terhadap pemberi pembiayaan pesawat atau lessor Garuda Indonesia dan pabrikan pesawat. Oleh karena, menurut dia struktur biaya besar di avtur dan biaya pesawat atau leasing.

Dia menegaskan, beban utang tersebut dipastikan tidak akan membuat perusahaan ‘mengorbankan’ keselamatan dalam penerbangan.

“Saya beri jaminan itu berdampak ke keselamatan. Dengan tim yang ada kita sepakat bangun tim kuat, kalau perlu rekrut konsultan dan negosiator di luar untuk pastikan kita dapat pricing structure lebih bagus dalam tekan biaya. Kalau leasing terdahulu bisa ditekan, maka akan turunkan leasing,” ujar Irfan.

“Kalau tanya Garuda berutang, ya tipikal bisnis pesawat ya berutang. Kalau beli pesawat tunai, bisa dipakai buat yang lain,” tambah Irfan.

Sebelumnya, Garuda Indonesia yang berkode emiten saham GIAA di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini, memiliki tagihan utang jumbo. Salah satunya adalah utang obligasi yang jatuh tempo 3 Juni 2020.

Dilihat dsri laporan keuangan per 30 September 2019, Garuda memiliki total kewajiban jangka pendek dalam kurun setahun sebesar US$ 2,45 miliar. Jumlah itu naik 24,35% dibandingkan posisi 31 Desember 2018.

Pada saat bersamaan, aset keuangan GIAA yang terdiri dari kas dan setara kas maupun komponen lain malah menyusut 5,85% menjadi US$ 1,14 miliar. (*/Dry)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here