Mengenal Istilah Program B30 dan Meditran SX BIO

B30
Ilustrasi Biodiesel B30. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Bagi sebagian orang, istilah B30 belum terlalu familiar. Sebagian masih bertanya-tanya dan memahami istilah tersebut dengan berbagai pemahaman. Lantas, apa makna B30 sebenarnya?

B30 adalah program pemerintah yang mewajibkan pencampuran 30 persen Biodiesel dengan 70 persen bahan bakar minyak jenis Solar, yang menghasilkan produk Biosolar B30. Program ini diberlakukan mulai Januari 2020.

Ini sesuai Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 12 tahun 2015 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri ESDM nomor 32 tahun 2008 tentang Penyediaan, Pemanfaatan dan Tata Niaga Bahan Bakar Nabati (Biofuel) sebagai Bahan Bakar Lain. Juga target sustainable Development Goal’s (SDG’s), yaitu memastikan masyarakat memiliki akses energi berkeadilan.

Sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam implementasi Program Biodiesel B30, PT Pertamina Lubricants juga menghadirkan Pelumas berteknologi tinggi, yaitu Meditran SX BIO SAE 15W-40. Pelumas heavy duty diesel oil ini di desain untuk aplikasi diesel modern berkecepatan tinggi yang menggunakan bahan bakar B5-B30.

Direktur Utama PT Pertamina Lubricants Ageng Giriyono mengatakan, pelumas Meditran SX Bio merupakan inovasi anak bangsa. Ini sebagai wujud nyata dukunganya terhadap program pemerintah.

“Sekaligus sebagai bentuk komitmen dalam memberikan produk yang terbaik yang dapat berkontribusi terhadap kemajuan sektor energi di Indonesia,” kata Ageng.

Dengan performance level API CH4 dan API CI4 Plus, Meditran SX Bio SAE 15W-40 tersedia untuk kendaraan penumpang, kendaraan komersial (bus dan truk) serta mesin-mesin industri. Produk yang diformulasikan khusus untuk mesin berbahan bakar biodiesel B2-B50 ini dirancang melalui proses research and development yang ketat dan panjang.

Pelumas ini mampu membuat mesin yang beroperasi dengan biodiesel menjadi awet dan memberikan perlindungan ekstra bagi mesin. Selain itu, Meditran SX Bio teruji tahan lama pada aplikasi biodiesel.

Dalam engine test dengan simulasi kontaminasi biodiesel ke dalam pelumas, Meditran SX Bio memberikan performa yang unggul dibandingkan dengan pelumas biasa dalam kemampuannya untuk melindungi mesin saat terjadi kontaminasi biodiesel ke dalam pelumas. Kontaminasi biodiesel ke dalam pelumas dapat terjadi akibat adanya blow by gas hasil pembakaran.

Termasuk adanya fraksi fame yang tidak terbakar atau akibat kerusakan fuel injector. Apabila menggunakan pelumas biasa, kontaminasi biodiesel tersebut akan membuat pelumas mengental hingga akhirnya tidak bisa bekerja optimal.

Adapun kebijakan strategis yang diterapkan pemerintah, di antaranya pelaksanaan program mandatori B30 untuk seluruh sektor. Upaya ini diikuti dengan pengembangan uji coba biodiesel sebagai pengganti solar fosil dengan teknologi pengembangan B100. (*/Dry)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here