Akankan Virus Corona Bikin Harga Batu Bara Membara?

batubara
Ilustrasi bongkar muat batu bara. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Virus Corona yang bermula dari China turut “menginfeksi” komoditas global. Harganya menjadi rentan terfluktuasi akibat lumpuhnya sebagian industri di negeri tirai bambu itu.

Hal ini pulalah yang dikhawatirkan Komisi VII DPR RI terhadap sektor batu bara. Anggota komisi menyebut bahwa komoditas tembaga dan minyak bumi ikut bergejolak.

“Artinya belum termasuk batu bara tapi tak memungkinkan harga batu bara akan mengalami perubahan,” ujar Anggota Komisi VII, Ina Elisabeth Kobak saat Rapat Dengar Pendapat dengan Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Selasa (11/2).

Menurutnya, gejolak harga batu bara akibat Corona hanya menunggu waktu. Suatu ketika, harga komoditas ini akan jadi tidak sehat.

“Bagaimana pendapatnya mengenai isu corona ini karena banyak pasar sudah terpapar langsung isu corona,” kata Ina kepada Dirjen Minerba, Bambang Gatot Ariyono.

Wabah virus corona dinilai mulai berdampak ke ekonomi Indonesia, salah satunya investasi. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencontohkan investasi dari Uni Emirat Arab melalui Emirates Global Aluminium (EGA) yang sempat hampir batal karena terganggu oleh virus corona.
“Kemarin kerja sama Indonesia dengan Abu Dhabi bisa saja batal. Hal ini karena mereka mungkin tidak tahu Indonesia aman atau tidak dari virus corona. Ini akhirnya menghambat investasi,” ujar Erick, di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (10/2).

Direktur Manajemen Bank Dunia dari Indonesia, Mari Elka Pangestu juga pernah mengatakan bahwa virus corona bisa ganggu proses investasi ke Indonesia. Terutama dalam proses mendatangi langsung lokasi investasi di Indonesia, ke lokasi yang akan diinvestasikan. (*/Dry)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here