Berpotensi Kehilangan 2 Juta Wisman Asal Cina, Pemerintah Bisa Andalkan 250 Juta Wisnus

Wisatawan domestik yang sebagian besar masyarakat Bali menikmati liburan Hari Raya Nyepi di Pantai Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (8/3). Foto: ANTARA

Indonesiainside.id, Jakarta – Virus Corona membuat masyarakat takut kemana-mana, salah satu imbasnya adalah sektor pariwisata. Akibat epidemi ini setidaknya Indonesia berpotensi kehilangan wisatawan mancanegara (wisman) asal Cina sebanyak 2 juta orang. Indonesia dinilai bisa mengandalkan 250 juta wisatawan nusantara (wisnus).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio mengatakan bahwa dampak virus corona bakal merugikan pariwisata Indonesia hingga USD2,8 juta atau Rp38 triliun. Nominal ini diambil dari hitungan spending 2 juta wisman Chna dimana satu wisatawan bisa menyumbang USD1.000 dalam sekali kunjungan.

Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Maulana Yusran merespons, Indonesia bisa mengandalkan pergerakan 250 juta rakyat Indonesia sebagai wisatawan nusantara (wisnus). Dia mengatakan saat ini Indonesia punya beragam destinasi baru imbas pembangunan infrastruktur.

“Semenejak Tol Trans Jawa sudah operasional sekarang banyak new destinasi jadi sasaran target, walaupun main destinasi seperti Bali juga masih diminati,” ujar dia ditemui di Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Maulana menjelaskan, sebenarnya pola perjalanan wisatawan nusantara sudah terbaca sehingga muda dipetakan. Lonjakan wisatawan domestik biasanya terjadi saat libur Natal dan Tahun Baru dan saat Lebaran tiba.

Selain itu, dengan masifnya pembangunan infrastruktur hingga ke daerah-daerah, banyak destinasi wisata baru bermunculan. Dulu, dia mencontohkan, saat libur akhir pekan masyarakat biasanya hanya “memiliki” Bandung, Jawa Barat sebagai pelarian untuk melepas penat.

“Sekarang bisa ke Semarang, Jogja karena waktu tempuhnya udah simpel, bahkan ke Sumatera, enam jam sudah bisa sampai Lampung,” ujar dia. Masa libur anak sekolah, menurut dia juga bisa dioptimalkan untuk memperbanyak promo wisata. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here