BPK Beberkan Hasil Pemeriksaan TVRI Awal Minggu Depan

Bahtiar Arif.
Sekretaris Jenderal BPK RI, Bahtiar Arif. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI akan mengirimkan hasil pemeriksaan kinerja atas pelaksanaan regulasi kinerja Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia atau TVRI, pada periode 2017-2019 ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Hasil tersebut akan diserahkan ke DPR pada Senin besok.

“BPK sudah melakukan pemeriksaan kinerja TVRI. Hasil periksaan itu akan diserahkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat pada hari Senin atau 17 Februari 2020),” ujar Sekretaris Jenderal dari BPK RI, Bahtiar Arif di Kantor BPK, Jakarta, Jumat (14/2).

Bahtiar mengimbuhkan, pemeriksaan kinerja tersebut dilakukan untuk melihat efektivitas atau efisiensi dari perseroan (Bahtiar mencontohkan menggunakan perseroan bukan TVRI). Terutama yang dilihat dari dasar peraturan atau penerapan regulasi.

Efektivitas yang dimaksud dia adalah berkaitan dengan tahapan input, proses, output atau outcome dari perseroan. ” Apakah semua regulasi mencapai tujuan atau tidak,” tambah Bahtiar.

Sementara itu, efisiensi, itu berkaitan dengan hasil yang dikeluarkan perseroan dengan usaha tertentu. Apabila input semakin kecil, output semakin besar, maka perseroan dianggap efisien.

“Jadi semakin murah barang, semakin sedikit orangnya. Maka akan lebih ekonomis,” ujar Bahtiar.

Sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) diminta sama DPR untuk turun tangan melakukan pemeriksaan kinerja TVRI. Hal ini guna memperbaiki hubungan antara Dewan Pengawas TVRI dan lembaga TVRI.(*/Dry)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here