IMF: Ekonomi Cina Tangguh Meski Kena Virus Corona

Indonesiainside.id, Washington DC – Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan ekonomi Cina diperkirakan akan tetap tangguh dalam jangka menengah hingga panjang, meskipun dampak jangka pendek dari virus corona masih belum jelas.

Juru Bicara IMF, Gerry Rice, mengatakan masih terlalu banyak ketidakpastian untuk memprediksi dampak virus corona terhadap ekonomi Cina dan global. Tetapi IMF berharap, dapat memiliki banyak sumber dan wawasan ketika negara-negara G20 bertemu di Riyadh pada akhir pekan depan.

Kekhawatiran tentang wabah epidemi itu melonjak pada hari Kamis setelah Provinsi Hubei melaporkan adanya peningkatan rekor kematian dan ribuan infeksi lainnya. Rice juga mengatakan akan ada dana yang diberikan oleh IMF kepada Cina.

Dimana, dana yang akan diberikan itu untuk menahan penyebaran dan mengurangi dampak ekonominya, termasuk melalui langkah-langkah ekonomi dan fiskal. Dia menuturkan bahwa IMF siap untuk membantu Cina sesuai dengan kebutuhan mereka.

“Dalam jangka menengah dan panjang, kami tetap yakin bahwa ekonomi Cina tangguh,” kata Rice dilansir dari The Japan News, Jum’at (14/2).

“Ini ekonomi besar dan Cina memiliki sumber daya dan tekad untuk menangani tantangan ini,” tambahnya.

Rice berharap, dana yang diberikan IMF adalah untuk sebuah skenario dimana wabah itu dapat memicu penurunan secara tiba-tiba, yang diikuti oleh peningkatan pertumbuhan yang kuat. Para ekonom biasa menyebut itu sebagai skenario berbentuk V dan skenario lain yang disiapkan.

“Ada banyak ketidakpastian. Ini bergerak cepat. Kami hanya perlu mewaspadai dan memantau sebaik mungkin,” imbuh dia.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here