Walau Lampaui Nasional, Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Hanya Tertinggi di Sumatra

Walau Lampaui Nasional, Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Hanya Tertinggi di Sumatra

Indonesiainside.id, Palembang — Deputi Gunernur Bank Indonesia (BI), Erwin Rijanto, mengatakan pertumbuhan ekonomi Sumatra Selatan menjadi yang tertinggi di Pulau Sumatra. Dia menyebut, bahkan pertumbuhan ekonomi wilayah itu juga melampaui nasional yang sebesar 5,02 persen.

“Pertumbuhan ekonomi Sumatra Selatan mencapai 5,71 persen. Itu bukan hanya menjadi yang tertinggi se-Sumatra, tapi melampaui nasional,” ujar Erwin di Palembang, Jumat (14/2).

“Itu menandakan bahwa aktifitas ekonomi Sumatra Selatan berlangsung cukup baik. Salah satunya ditunjukkan dengan terkendalinya besaran inflasi sepanjang hampir dua tahun terakhir,” tambah dia.

Ia menjelaskan, dilihat dari sisi pengendalian inflasi saat ini tingkat inflasi Sumatra Selatan yang terkendali. Menurutnya, itu tidak terlepas dari sinergritas BI dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melalui berbagai upaya dan koordinasi antara pemerintah daerah setempat dengan instansi terkait.

“Sumatra Selatan mampu menjaga inflasi tetap rendah. Itu menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi itu menunjukkan pertumbuhan ekonomi di Sumatra Selatan adalah pertumbuhan ekonomi yang berkualitas,” kata dia.

Erwin menambahkan, pengalihan tugas hari ini adalah upaya strategis BI dalam melakukan transformasi Sumber Daya Manusia (SDM). Dia menilai, BI berupaya mendudukkan SDM untuk mengikuti dinamika dan perkembangan di wilayah masing-masing.

“Kami ingin meningkatkan peran partisipasi sebagai mitra strategis pemerintah daerah dalam mewujudkan pengembangan ekonomi dan keuangan yang lebih baik ke depan. Peran BI dalam memajukan perekonomian di daerah tentunya makin penting di tengah ketidakpastian global dan pelemahan ekonomi akhir-akhir ini,” ungkap dia.

“Apalagi dari sisi ekterbal seperti pertumbuhan ekonomi dunia yang menurun drastis. Bahkan, dengan adanya perang dagang yang berdampak buruk bagi perekonomian di banyak negara,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatra Selatan, Mawardi Yahya, ingin BI perwakilan di wilayahnya dapat mempertahankan pengendalian inflasi seperti selama ini. Sebab, kata dia, inflasi menjadi penentu yang cukup penting dalam menata laju pembangunan wilayahnya.

“Kita harap sinergitas pemerintah provinsi dan BI tetap berjalan. Terutama dalam upaya pengendalian inflasi,” tutur dia. (RAP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here