Buat Tisu dari Enceng Gondok, Siswi Athirah Wakili Indonesia ke Korea

Tiga siswi SMA Athirah Makassar memperlihatkan hasil karyanya kepada istri Gubernur Sulsel Liestiaty Nurdin

indonesiainside.id, Makassar— Tiga siswi SMA Islam Athirah Makassar berhasil membuat tisu dari tumbuhan enceng gondok. Tanaman liar yang biasa kita jumpai menumpuk di kanal ini, ternyata bisa diolah jadi benda bernilai tinggi.

Dalam bahasa ilmiah enceng gondok disebut Eichhornia Crassipes, biasanya mengapung di atas air sehingga orang kadang menyebutnya hama pengganggu. Nah, di tangan Sitti Rahma Rahim, Nurnabilla Syfadewi Attaya dan Nawwarah Liyana Zafir Aminanti merangkai enceng gondok jadi tisu.

Karena keberhasilannya itulah, siswi kelas XI Ilmu Alam ini,  mewakili Indonesia pada International Sains Innovation Expo (ISIE) di Korea Selatan pada April 2020 mendatang. Sebelum berangkat ketiga siswi ini, menemui istri Gubernur Sulsel Liestiati Nurdin.

Siti Rahma menjelaskan pertama kali terpikirkan mengubah enceng gondok menjadi tisu, berawal dari tanaman liar tersebut sering menyumbat air. Sehingga ia dan kedua rekannya memutuskan menggunakan enceng gondok sebagai bahan pembuatan tisu usai membaca berbagai referensi di internet.

Kata dia, untuk merangkai tisu dari tanaman itu, membutuhkan waktu tiga minggu. Mulai dari mengambil enceng gondok, mengeringkan hingga melakukan proses kimia. ” Kalau proses pembuatan tisunya hany sehari,” katanya di Rumah Jabatan Gubernur, Jumat (15/2/2020).

Rahmah menyebut, untuk menghasilkan 15 lembar tisu diperoleh dari 20 gram enceng gondok yang setara dengan 8 batang tumbuhan liar yang banyak menyumbat saluran air ini.

Berkat penemuan ini, Rahmah dan dua rekannya berhasil meraih juara dua pada lomba Karya Ilmiah Hayati di Bandung beberapa waktu lalu. Untuk memperbaiki kualitas karyanya, di berharap dukungan dari pemerintah.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here