Wapres Minta Mentan Percepat Program Peremajaan Sawit Rakyat

Harga TBS Sawit Riau Anjlok Lagi, Tapi Rp1.865,81 Per Kg Masih Aman

Indonesiainside.id, Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melakukan optimalisasi sawit rakyat. Upaya ini untuk meningkatkan produksi kelapa sawit yang dihasilkan oleh petani swadaya melalui program peremajaan sawit rakyat (PSR) atau replanting sawit.

Program PSR tersebut diharapkan dapat meningkatkan produksi minyak kelapa sawit (CPO) petani dan memberikan hasil yang optimal hingga mencapai 8 ton/ha/tahun. “Saya melihat dari data produktivitas minyak kelapa sawit kita masih tergolong rendah, yaitu 3,7 ton. Melalui program replanting ini diharapkan produksi dapat meningkat,” ujar Ma’ruf, Jumat (14/2).

Syahrul mengatakan jika Wapres memintanya untuk melakukan komunikasi komprehensif dalam penanganan budidaya replanting sawit. Ia mengungkap jika ada beberapa kendala yang terjadi sehingga membuat program sawit rakyat tidak berjalan optimal sehingga dibutukan tahapan untuk memastikan penanganan program sawit rakyat itu berjalan dengan baik.

“Tidak hanya mencoba masuk dalam pendekatan replanting atau menanam sawit dan memeliharanya tapi bagaimana sampai pada titik bagaimana mengolahnya sepeeti apa di tingkat rakyat, mulanya di tingkat industri, ini tentu saja bagian-bagian yang harus dipikirkan bersama,” ujanya.

Untuk penanganan PSR, Mentan membutuhkan sebuah proses, membutuhkan agenda yang cepat bisa dilakukan untuk menangani seperti apa sih masalah yang utama. (PS)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here