Ruangguru Bantu Program Kartu Prakerja

kartu prakerja
Contoh kartu prakerja. Foto: Bogornet.

Indonesiainside.id, Jakarta – Perusahaan rintisan atau startup Ruangguru ikut membantu program Kartu Prakerja yang diimbau oleh pemerintah. Ruangguru mengaku telah menerima surat tugas dari pemerintah, untuk mengkurasi vendor yang akan memberikan pelatihan sebagaimana yang tertuang dalam imbauan tersebut.

“Surat tugas sudah diterima per kemarin. Cuma diskusinya sudah beberapa bulan,” ujar Pendiri sekaligus Direktur Produk Kemitraan Ruangguru, Iman Usman, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (12/3).

Iman melanjutkan, dengan adanya surat tugas itu, Ruangguru mulai mengkurasi vendor pelatihan yang relevan dan berkualitas. Terutama di daerah yang menjadi prioritas awal. Daerah tersebut adalah Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, Bali, dan Jawa Timur.

Ruangguru tidak hanya membantu mencari vendor pelatihan, tapi juga memberikan pelatihan. Iman mengatakan bahwa platformnya juga sudah memiliki ratusan kelas di skill academy yang melatih para profesional.

“Memberikan pelatihan untuk skill prioritas seperti coding, marketing. Serta hospitality juga untuk memajukan industri destinasi wisata,” ujar Iman.

Tak sampai di situ, Ruangguru sebagai startup terlibat juga akan menyiapkan sistem penyaluran, agar mereka yang dilatih bisa mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah. Salah satu caranya ialah membantu pencari kerja menyiapkan curriculum vitae atau CV yang layak.

Ada 2 juta pencari kerja yang ditargetkan masuk dalam program Kartu Prakerja sampai akhir tahun ini. Meski begitu, Iman menyebut belum ada pembagian kuota pelatihan di startup yang terlibat.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here