Jelang Ramadhan, Pemerintah Jamin Bahan Pokok Aman dan Harganya Terjangkau

Ilustrasi. Foto: ANTARA

Indonesiainside.id, Jakarta – Pemerintah memastikan pasokan bahan makanan pokok aman meski wabah virus corona tengah menghantui seantero tanah air. Selain itu, pemerintah juga menjamin harga bahan pokok tetap terjangkau.

“Termasuk persediaan pangan utama dan strategis, aman,” ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Jumat(13/3).

Pangan utama dan strategis tersebut antara lain beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi/kerbau, daging ayam, telur ayam, gula pasir dan minyak goreng.

“Dalam rentang waktu 6 bulan ke depan hingga Agustus, termasuk menghadapi Ramadhan dan Idulfitri, proyeksi ketersediaan 11 komoditas strategis dipastikan aman,” kata Menteri Agus dalam konferensi pers di Jakarta.

Sebagian besar pangan tersebut dipasok dari dalam negeri. Namun hanya komoditas bawang putih, daging sapi/kerbau, dan gula pasir yang pemenuhannya sebagian masih melalui impor.

Dijelaskan bagi beberapa komoditas yang pemenuhannya masih melalui impor yang terdampak Covid-19 secara global, langkah antisipasi yang dilakukan adalah dengan mempercepat proses penerbitan rekomendasi impor.

Menteri Agus menambahkan sampai dengan tanggal 10 Maret 2020, Kementerian Pertanian telah menerbitkan 37 Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH), salah satunya adalah rekomendasi impor bawang putih sebanyak 196,5 ribu ton dengan 34,8 ribu ton di antaranya sudah terbit izin impornya dari Kementerian Perdagangan.

“Pemerintah juga terus mencarikan negara produsen bawang putih selain Cina, antara lain India, Mesir, Bangladesh, dan beberapa negara lain,” tambah dia.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here