Jumat Kelabu bagi Rupiah

rupiah
Hari ini rupiah melemah tipis. Foto: Istimewa.

Indonesiainside.id, Jakarta – Hari ini Jumat kelabu bagi rupiah. Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada Jumat pagi terkoreksi hingga lebih dari dua persen.

Pada pukul 10.28 WIB, rupiah bergerak melemah 298 poin atau 2,05 persen menjadi Rp14.820 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.522 per dolar AS.

“Dalam perdagangan hari ini rupiah masih akan melemah,” kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Jumat(13/3).

Selain rupiah, Euro juga jatuh pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), karena investor tidak terkesan oleh langkah-langkah stimulus Bank Sentral Eropa (ECB) untuk melawan dampak ekonomi dari wabah Covid-19.

Investor justru berbondong-bondong ke safe-haven dolar setelah The Federal Reserve mengatakan akan menyuntikkan likuiditas ke dalam sistem perbankan yang menunjukkan tanda-tanda tertekan.

ECB menyetujui langkah-langkah stimulus baru pada Kamis (12/3) untuk membantu ekonomi Zona Euro mengatasi meningkatnya biaya pandemi Covid-19, tetapi mempertahankan suku bunganya tidak berubah.

Beberapa jam kemudian, Federal Reserve Bank of New York mengatakan akan memperkenalkan 1,5 triliun dolar AS dalam operasi repo baru minggu ini dan mulai membeli berbagai surat utang jatuh tempo sebagai bagian dari pembelian surat utang pemerintah bulanan dalam gerakan membendung kepanikan yang disebabkan oleh krisis pasar.

“Kekhawatiran investor terwujud setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Covid-19 sebagai pandemi global,” ujarnya.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here