Penuhi Kebutuhan Dalam Negeri, Pemerintah Larang Ekspor Masker

Ilustrasi jual-beli masker. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melarang ekspor masker. Hal ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, pemerintan seeing menyiapkan Peraturan Menteri Perdagangan (Per mendag) tentang pelarangan ekspor masker. “Kita akan terbitkan larangan sementara produk masker untuk menjamin kebutuhan industri dan konsumen dalam negeri,” kata dia di Kantor Menko Perekonomian Jakarta, Jumat (13/3).

Menurut dia, pelarangan ekspor masker ini hanya sementara. Apabila stok dalam negeri melimpah, maka ekspor masker kembali dibuka.

“Untuk sementara ada larangan untuk ekspor. Ini sampai kebutuhan cukup atau lebih. Kalau stok lebih baru kita buka lagi, ” ungkap Agus.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyatakan ada 50 juta stok masker di Indonesia pascakasus dua warga negara Indonesia positif virus corona.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut PT Kimia Farma (Persero) Tbk (KAEF) dan BUMN farmasi lainnya akan memproduksi 6 juta masker. (MSH)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here