Risiko Global akibat Virus Corona Semakin Tinggi, Pemerintah Siapkan Skenario Baru

sri mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Pemerintah menjelaskan risiko global yang disebabkan oleh penyebaran virus corona semakin tinggi. Terlebih World Health Organization (WHO) sudah menetapkan status pandemik global terkait kasus ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kondisi saat ini telah melewati skenario risiko menengah (scenario mild) menuju skenario risiko yang lebih tinggi.

Menurutnya, pemerintah sedang menyiapkan skenario risiko yang baru, sejalan dengan ekonomi Cina yang diproyeksi akan mengalami resesi, karena selama dua kuartal berturut-turut diperkirakan mengalami penurunan ekonomi.

Pada skenario risiko menengah sebelumnya disebutkan bahwa setiap 1 persen penurunan ekonomi China, akan berdampak pada penurunan ekonomi Indonesia sebesar 0,3 hingga 0,6 persen.

“Skenario akan terus kita kembangkan dan update ke Presiden tentang kondisi yang terjadi,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (13/3).

Dia mengatakan pemerintah menyusun respons yang terukur sebagai antisipasi, karena risiko menengah sudah lewat dan menuju risiko lebih tinggi.

Dia menambahkan saat ini sedang menahan diri untuk memberikan proyeksi ekonomi Indonesia, terlebih kondisi global yang masih dinamis dan fluktuatif.

Akan tetapi, dia memastikan untuk selalu memperhatikan kondisi dan situasi global serta dampaknya terhadap perekonomian domestik.

“Setiap saat ada saja perkembangan baru, bagaimana negara-negara bereaksi dalam mengelola kasus merebaknya virus corona, sehingga yang bisa dilakukan adalah develop scenario dan develop contingency plan (rencana kemungkinan),” kata dia.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here