Sandiaga Nilai Paket Stimulus Kedua Belum Cukup

sandiaga uno
Pengusaha dan mantan gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Pengusaha Sandiaga Uno menilai paket stimulus fiskal kedua yang dirilis pemerintah diperluas lagi. Misalnya dengan memberikan kelonggaran kewajiban finansial.

“Ini lazim dilakukan di sektor keuangan, (pelakunya) di sini OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan otoritas bursa maupun juga perbankan,” ujar Sandiaga di Jakarta Pusat, Jumat (13/3).

Otoritas keuangan bisa meninjau kembali kemampuan perusahaan atau nasabah terkait kemampuan mereka memenuhi kewajiban pinjaman. Terutama kepada UMKM, pastikan memiliki kelonggaran.

“Kelonggaran cicilan pokok misalnya maupun ada penurunan dari pembayaran cicilan bunga,” imbuh Sandi.

Dia mengatakan, insentif seperti ini tentu akan menggairahkan kembali sektor-sektor produksi. Karena aliran keuangan (cash flow) pengusaha bisa tetap lancar.

“Cash flow itu seperti aliran darah dalam tubuh manusia supaya bisa survive di tengah wabah corona,” ucapnya.

Selain itu, memastikan pendapatan masyarakat terjaga. Mengantisipasi terjadinya PHK karena industri dan pariwisata sedang melemah.

Pemerintah juga dihrapkan bisa memastikan kecukupan stok bahan pokok. Sehingga ancaman virus tidak akan mendisrupsi suplai barang.

“Apalagi kita akan masuk ke bulan Ramadhan dan biasanya diikuti dengan kenaikan harga. Jadi selain mengamankan pasokan memastikan rantai distribusinya,” imbuh dia. (MSH)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here