Stok Gula Cukup, Kadisdag Sumsel: Masyarakat Jangan Panic Buying

Gula pasir. Foto: ANTARA

Indonesiainside.id, Palembang — Stok gula di Sumatra Selatan masih cukup untuk sebulan ke depan. Karena itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan (Kadisdag) Provinsi Sumatra Selatan, Iwan Gunawan meminta masyarakat setempat untuk tidak khawatir terkait hal itu.

“Kita minta masyarakat jangan /panic buying/ (melakukan pembelian gula dalam jumlah besar). Yang jelas stok gula saat ini cukup,” ujar Iwan di Palembang, Kamis (12/3).

Ia menjelaskan, bahwa banyak masyarakat yang melakukan aksi membeli dengan jumlah besar sehingga menyebabkan stok gula menjadi langka. Dia menyebut, baik itu di pasar tradisional maupun ritel.

Pihaknya pun meminta pedagang di wilayahnya agar dapat mengontrol jumlah pembelian gula dari konsumen. Ia menyebut, contoh yang terjadi di beberapa supermarket di metropolis yang menerapkan maksimal pembelian gula sebanyak dua kilogram.

“Ada beberapa mal yang membuat kebijakan internal itu. Menurut saya itu tepat jika satu konsumen yang membeli gula dibatasi dua kilogram,” katanya.

Menurutnya, kebutuhan konsumsi gula di wilayahnya mencapai 93.162 ton per tahun. Pihaknya pun memprakirakan konsumsi gula rumah tangga mencapai 8 sampai 10 ton per bulan.

“Kalau stok di gudang Bulog Divre Sumsel-Babel lebih kurang 11 ton. Itu juga belum lagi yang ada di ritel maupun distibutor, jadi jumlahnya lebih dari cukup untuk sebulan ke depan,” tukas dia. (RAP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here